RSS Feed semacam ini dapat diintegrasikan dengan mudah ke dalam Google Personalized Homepage. Yang dibutuhkan hanyalah URL Feed atau alamat RSS Feed yang tepat (alamat weblog atau sumber lain). URL Feed atau alamat RSS Feed inilah yang nantinya menjadi titik tujuan pengaksesan informasi.
- Buka Google personalized homepage, lalu setelah itu klik “add stuff”.
- Klik pada “add by URL” (di samping kotak “search homepage content”).
- Masukkan alamat URL untuk Feed ke dalam tempat input data yang terbuka kemudian klik “add”.
Membuat Google Account. Beberapa layanan baru Google hanya dapat digunakan jika kita telah terdaftar di Google. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memasukkan data pribadi (biasanya nama, alamat e-mail, dan password). Informasi account semacam ini akan melindungi account kita terhadap pengambilan tidak sah dari pihak ketiga. Informasi account di Google tidak akan diberikan kepada pihak ketiga, kecuali sudah ditetapkan dalam ketentuan atau kita telah menyetujuinya. Untuk membuat account diperlukan langkah-langkah berikut ini :
- Masukkan alamat www.google.com/accounts/NewAccount ke dalam browser anda.
- Tuliskan alamat e-mail dan password pada kotak isian yang tersedia. Kemudian, polih lokasi yang termasuk dalam account ini dan salinlah simbol-simbol yang diminta.
- Baca ketentuan umum penggunaan.
- Jika anda sudah setuju dengan ketentuan tersebut, klik “I Agree”.
- Dengan account ini, kita memiliki akses ke semua layanan Google. Account ini atau acuannya (preference) dapat digunakan atau dihapus kapan saja.
• Ingin mengetahui segala sesuatu tentanga suatu topik,
• Ingin melihat perkembangan berita aktual,
• Ingin mengetahui berita tentang tim olahraga kesayangan kita.
Pencarian dengan Alerts ini bisa diakses melalui www.google.com/alarts. Setelah mempunyai account Goole, kita dapat mengakses layanan tersebut. Tentukan “search term”, “type”, dan “waktu alarm e-mail (how often)”, serta masukkan juga account e-mail anda. Saat ini, tersedia 4 jenis pengiriman berita :
• News Alert – mengirim berita per e-mail begitu muncul berta baru dalam 10 hasil pencarian berita sesuai permintaan kita.
• Web Alert – mengirim pemberitahuan kepada kita jika website baru bermunculan dalam daftar 20 hasil pencarian search engine Google.
• Video Alert – mengirim berita mengenai video terbaru berdasarkan permintaan kita.
• Groups Alert – kita mendapatkan e-mail jika ada artikel baru dalam News-groups yang sesuai dengan permintaan kita.
Kita dapat mengatur frekuensi perngiriman berita via e-mail pada “How Often”. Pilihan yang tersedia adalah “sekali sehari”, “segera”, ataupun “setiap minggu”.
Memanfaatkan Tools Bahasa (Google language Tools). Buka Google language Tools (www.google.com/language_tools?hl=en) dalam browser kita. Jika kita ingin menerjemahkan beberapa kata saja, masukkan kata tersebut ke dalam field terjemahan, pilihlah asal dan tujuan bahasa lalu klik “translate”. Kita dapat juga meng-copy teks lengkap dari window lain ke field terjemahan tersebut lalu menerjemahkannya.
Jika kita menemukan hasil pencarian dalam bahasa asing, Google menyediakan sekaligus dua layanan untuk penerjemahan secara langsung. Untuk menerjemahkan seluruh website, masukkan link alamat web kemudian klik “translate a web page”. Google akan membuka website tersebut dan menerjemahkan teksnya. Sayangnya, teks pada website sering dikemas sebagai format grafik sehingga tdak dapat diterjemahkan. Di bagian atas “translate” kita dapat melihat link yang memungkinkan kita kembali ke website aslinya.
Program terjemahan otomatis dari Google ini tentu tidak sebagus hasil kerja manusia. Namun, untuk kebutuhan umum, terjemahan tersebut sudah memadai.
Dengan Google language Tools, kita juga dapat menerjemahkan e-mail yang ditulis dalam bahasa asing. Copy teks e-mail ke dalam field “Translate text”, pilih bahasa yang ingin diterjemahkan, lalu klik “translate”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar